Struktur pasar dan Persaingan dalam dunia perusahaan

Strukur Pasar adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan di dalam pasar, seperti jumlah perusahaan di pasar, skala produksi, jumlah pembeli, pengetahuan konsumen, kemampuan menurunkan harga dan lain-lain.

Berikut ini beberapa jenis pasar yang berlaku di dalam dunia perusahaan.

1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Market Competition)
Pasar Persaingan Sempurna ini disebut juga dengan pasar Kompetitif atau Competitive Market.

Ciri pokok pasar persaingan sempurna bisa di ketahui secara berikut :
a. Penjual dan pembeli sangat banyak.
b. Produk Homogen (Serba Sama)
c. Pasar Bebas untuk dimasuki dan ditinggalkan.
d. Konsumen mengetahui kondisi pasar
e. Faktor-faktor Produksi Bergerak Bebas
f. Tidak ada campur tangan pemerintah.

Oligopoli adalah Salah satu bentuk struktur pasar di mana hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk-produk yang identik atau yang mirip satu sama lain.

3. Pasar Monopoli
Sesuai dengan namannya,Monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen yang melayani sedemikian banyak pembeli atau konsumen.
Untuk menerangkan struktur pasar monopoli perlu diketahui sebab atau sumber-sumber terjadinya monopoli tersebut. Sumber terjadinya monopoli adalah sebagai berikut :
a. Monopoli Sumber Daya
b. Monopoli Ciptaan Pemerintah
c. Monopoli Alamiah

4. Pasar Persaingan Monopolistik (Monopolistic Competition)
Pasar Persaingan Monopolistik adalah suatu struktur pasar dengan banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama, tetapi dengan berbagai macam variasi. Pasar persaingan monopolistic memiliki ciri sebagai berikut :
a. Terdapat banyak penjual
b. Terdapat Diferensiasi Produk
c. Terdapat Kebebasan untuk keluar-masuk pasar.

5. Pasar Monopsoni
Pasar Monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh satu orang/badan/lembaga sebagai pembeli dengan peawaran dari sejumlah penjual/produsen sehingga pihak pembeli memiliki kemampuan untuk menetapkan harga. Contoh PT. Kereta Api Indonesia adalah satu-satunya perusahaan yang menguasai penetapan harga berbagai peralatan kereta api di Indonesia. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menguasai penetapan harga tiang listrik.

6. Pasar Duopsoni
Duopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh dua orang/perusahaan sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual. Contoh infastruktur telekomunikasi SLI yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia hanya dibeli oleh dua perusahaan, yaitu PT. Telkomsel dan PT. Indosat.

7. Pasar Oligopsoni
Pasar Oligopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa orang perusahaan sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual. Contoh Telkom, Indosat, Mobile-8, Excelcomindo adalah beberapa perusahaan pembeli infastruktur telekomunikasi seluler.