Lowongan Kerja 2017 Kementerian Kelautan

Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Tahun 2017 akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pelamar umum sejumlah 329 orang, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di  Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan ketentuan sebagai berikut :

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN)
1.  Sekretariat Jenderal;
2.  Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut;
3.  Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap;
4.  Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya;
5.  Direktorat Jenderal Penguatan Oaya Saing Produk Kelautan dan Perikanan;
6.  Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan;
7.  Inspektorat Jenderal;
8.  Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan;
9.  Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan;

PERSYARATANPELAMARAN
  • Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Bhineka Tunggallka,  Undang-undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun  1945 dan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI).
  • Tidak pernah di pidana dengan pidana penjara berdasar kanputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
  • Tidak  berkedudukan  sebagai  Calon  Pegawai  Negeri  Sipil  atau  Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, anggota POLRI, dan Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki Kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (surat keterangan NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  • Bersedia ditempatkan  diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pelamar dengan kategori formasi cumlaude  merupakan  lulusan  dengan predikat "Dengan Pujian" dari Perguruan Tinggi terakreditasi "A"I Unggul dan Program Studi terakreditasi "A"I Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaudel dengan pujian pada ijazahl transkrip nilai.
  • Pelamar dengan kategori formasi disabilitas merupakan pelamar yang lulus dengan predikat "sangat memuaskan" dan IPK minimal 3,00 dari PTN / PTS serendah-rendahnya terakreditasi B dan Program Studi serendah-rendahnya terakreditasi "C" pada saat lulus.
  • Pelamar  dengan  kategori  formasi  Putra/Putri  Papua  dan  Papua  Barat merupakan:
  • Lulusan PTN / PTS Terakreditasi, IPK minimal 2,50 (dua kama lima puluh), dan nilai pada ijazah minimal rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer); 
  • Akta Kelahiran Pelamar, Fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahanl desa ditunjukkan pada saat wawancara.
  • Pelamar dengan  kategori formasi  umum merupakan pelamar yang lulus dengan predikat "sangat memuaskan" dan IPK minimal 3,00 dari Perguruan Tinggi serendah-rendahnya terakreditasi B dan Program Studi serendah­ rendahnya terakreditasi "C" pada saat lulus.
  • Pelamar lulusan SUPM / SMK Perikanan / SMK / SMA memiliki nilai ijazah rata­ rata minimal 7 (tujuh) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer);
Usia pada tanggal 1 September 2017 :
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun 0 bulan 0 hari untuk seluruh jenjang pendidikan S1  dan S2;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk 0-111;
  • Minimal  18  tahun  dan  maksimal  27  tahun bulan  0  had  untuk SUPM/SMKlSMA.
Khusus Pelamar untuk Jabatan Juru Mudi ; Masinis Kapal Pengawas ; Kelasi ; Oiler dan Operator Speedboat.
  • Jenis kelamin laki-Iaki
  • Usia minimal 18 tahun maksimal 34 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2017;
  • Tinggi badan minimal 160 ern;
  • Tidak memiliki cacat fisik, tidak buta warna dan tidak berkacamata;
  • Perguruan Tinggi  serendah-serendahnya terakreditasi  B dan Program Studi serendah-rendahnya terakreditasi "C" dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.
  • Khusus Pelamar untuk jabatan Analis Sistem Informasi dan Jaringan, kategori formasi umum dapat mendaftar dengan syarat "Perguruan Tinggi" dan "Program Studi terakreditasi C" dengan IPK minimal 2,75 dan pernah membuat aplikasi minimal sebanyak 5 (lima), yang dibuktikan/ditunjukkan pada saat wawancara dan praktsk  kerja komputer.
  • Khusus Pelamar untuk jabatan "Analis Kesyah Bandaran"  wajib memiliki "Sertifikat  Ahli  Nautika  Kapal  Penangkap Ikan"  (ANKAPIN) dan "Sertifikat Ahli Teknika    Kapal Penangkap Ikan" (ATKAPIN) dan ditunjukkan pada saat wawancara.

TATA  CARA  PENDAFTARAN 
1. Pendaftaran dan unggah Dokumen Persyaratan dilakukan secara Online melalui laman  sscn.bkn.go.id  dengan menggunakan  "Nomor  Induk Kependudukan"  (NIK) pada  "Kartu Tanda  Penduduk" (KTP) I  Nomor  Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarqa, Batas waktu  pendaftaran  dan  unggah dokumen  persyaratan  pelamaran dimulai pada tanggal 11 September s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB). Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dimulai  pada tanggal 2 Oktober 2017 s.d 6 Oktober 2017.

Pelamar mengisi Biodata pada kolom yang telah disediakan.
Berkas pendukung diupload melalui sistem:
  • Pas foto berwarna dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal dalam format JPEG (max 200 kb):
  • Ijazah asli terakhirlSurat  Keterangan Lulus bagi yang ijazahnya belum keluarlSK Penyetaraan Ijazah bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (menjadi satu file dalam format PDF max 300 kb);
  • KTP asli atau Kartu Keluarga dalam format PDF (max 300 kb);
  • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan C.q.Kepala Biro SDM Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan, diketik dengan menggunakan komputer, bermeterai Rp.6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran sebagaimana Lampiran II), dalam format PDF (max 300 kb);
  • Surat Pernyataan diketik dengan menggunakan komputer,  bermeterai Rp.6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format sural lamaran sebagaimana Lampiran III) dalam format PDF (max 300 kb);
  • Transkrip/Daftar Nilai Asli (jika lebih dari 1 lembar dijadikan 1 file, bukan di zip atau rer max 300 kb).
Setelah  melakukan  Pendaftaran  Online, cetak  "Kartu  Pendaftaran  SSCN" sebagai salah satu syarat verifikasi pada saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar. Selain itu diwajibkan membawa KTP/Kartu Keluarga dan Ijazah serta Transkip Nilai asli, Surat Lamaran asli, dan Surat Pernyataan asli pada saat registrasi/daftar ulang.

TAHAPAN SELEKSI
Seleksi Administrasi.
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted  Tes (CAT) dengan bobot 40%.
  • Seleksi  Kompetensi  Bidang (SKB) dengan  bobot 60% terdiri dari :
  • Substansi  Jabatan  menggunakan   Computer  Assisted   Test (CAT) dengan bobot 50%
  • Psikologi Lanjutan dengan bobot 35%
  • Wawancara dengan bobot 15%
  • Khusus pelamar jabatan  Analis  Sistem  Informasi dan  Jaringan,  Seleksi
  • Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
  • Substansi Jabatan menggunakan Computer  Assisted  Test (CAT) dengan bobot 30%
  • Psikologi Lanjutan dengan oobot 20%
  • Wawancara dan praktek kerja kamputer dengan bobot 50%
  • Khusus pelamar jabatan Juru Mudi, Masinis Kapal Pengawas, Kelasi, Oiler dan Operator Speedboat, Seleksi Kampetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
        • Substansi Jabatan menggunakan Computer  Assisted   Test  (CAT) dengan bobot 30%
        • Psikolagi Lanjutan dengan bobot 20%
        • Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK), dengan bobot 50%