Pages - Menu

Karasteristik dan Macam-macam Transaksi Perusahaan Dagang


Perusahaan Dagang ialah Perusahaan yang kegiatan usahanya membeli barang jadi dengan tujuan untuk dijual tanpa pengolahan kembali. Jika terjadi pengolahan biasanya hanya terbatas pada pengepakan atau pemberian kemasan khusus agar barang lebih menarik. Perusahaan dagang dapat dibedakan menjadi pedagang besar dan pedagang kecil. Pedagang besar basanya membeli barang langsung dari pabrik penghasil barang tersebut. Sedangkan pedagang-pedagang kecil (retailer) membeli barang dari pedagang besar untuk dijual kembali kepada konsumen secara langsung dengan harga eceran.

Proses pencatatan transaksi perusahaan dagang pada prinsipnya sama dengan proses pencatatan yang dilakukan pada perusahaan jasa. Hanya dalam perusahaan dagang diperlukan adanya tambahan akun dan prosedur tertentu yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dagangan.
Salah satu karasteristik pencatatan pada perusahaan dagang adalah adanya perhitungan harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan adalah jumlah yang diterapkan perusahaan berdasarkan harga perolehan barang sampai siap untuk dijual.

Untuk menghitung harga pokok penjualan diperlukan catatan yang berkaitan dengan transaksi pembelian, biaya angkutan, retur pembelian dan pengurangan harga, potongan pembelian, persediaan barang dagangan awal periode, serta persediaan barang akhir periode.

Dengan adanya karasteristik tersebut da adanya akun-akun khusus yang diperlukan, maka pmbuatan laporan keuangan perusahaan dagang akan berbeda dengan laporan perusahaan jasa. Perbedaan yang jelas terdapat pada laporan rugi-laba, mengingat didalamnya terdapat perhitungan harga pokok penjualan, sedangkan laporan keuangan lainya, yaitu neraca dan laporan perubahan modal hampir sama dengan akuntansi perusahaan jasa.

Kegiatan perusahaan dagang meliputi :
a. Melakukan pembelian barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk.
b. Barang yang diperjual belikan berwujud fisik
c. Pendapatan pokok berupa penjualan
d. Bahan pokok berupa harga pokok barang yang dijual (Cost of good sold)

Operasi perusahaan dagang sebagai berikut :
a. Pembelian
b. Pembayaran
c. Penjualan
d. Penerimaan barang

Pada dasarnya perusahaan dagang mempunyai kegiatan pokok yang meliputi pembelian, penjualan barang dagang, penerimaan, dan pengeluaran kas. Dalam kegiatan jual beli ini, tidak lepas dari syarat-syarat sebagai berikut :
a. Syarat pembayaran
b. Syarat penyerahan